JURNAL KOTA, PRINGSEWU – Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo menerima Audiensi BPJS Kesehatan Pringsewu

Dalam kesempatan ini audiensi ini membahas sejumlah poin penting terkait layanan kesehatan di Kabupaten Pringsewu. Berikut adalah beberapa poin yang disorot dalam audiensi tersebut, Forum Kemitraan dan Forum Komunikasi: Telah dibentuk Forum Kemitraan dan Forum Komunikasi antara BPJS Kesehatan dan pemerintah kabupaten setempat. Forum ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam penyelenggaraan program-program kesehatan.

Keaktifan Pemkab Pringsewu, Tingkat keaktifan Pamkab Pringsewu dalam mengelola layanan kesehatan mencapai lebih dari 77%, yang memungkinkan masyarakat Pringsewu untuk mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan meskipun belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan secara aktif.

Inovasi BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan telah melakukan inovasi, salah satunya adalah program PESIAR (Pelayanan Segera dan Intervensi Aktif Rapid). Program ini bertujuan untuk memberikan respons cepat dan intervensi aktif terhadap peserta yang membutuhkan layanan kesehatan darurat.
Inovasi Antrian Online, BPJS Kesehatan juga telah mengimplementasikan inovasi berupa sistem antrian online untuk memudahkan peserta dalam mengakses layanan kesehatan, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan efisiensi pelayanan.

Universal Health Coverage (UHC), Kabupaten Pringsewu telah mencapai Universal Health Coverage (UHC), yang berarti semua penduduk di kabupaten tersebut memiliki akses yang setara terhadap layanan kesehatan yang berkualitas tanpa adanya diskriminasi.

Melalui audiensi ini, upaya untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan kesehatan di Kabupaten Pringsewu terus diperkuat, dengan memanfaatkan berbagai inovasi dan kerja sama antara pemerintah daerah dan BPJS Kesehatan. (*)