JurnalKota РTimnas Indonesia U-23 memastikan satu tiket ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar 2024.

Kepastian ini didapat setelah Skuad Garuda Muda menang 2-0 atas Turkmenistan pada laga terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut positif kelolosan Indonesia. Menurut Erick, mental dan tradisi menang harus menjadi kultur yang tak boleh luntur.

“Setelah emas SEA Games 2023, finalis AFF U-23, tren positif berlanjut di kualifikasi Piala AFC U-23. Mari kita pertahankan mental dan tradisi menang di Qatar!” ujar Erick dalam keterangannya, Selasa (12/9).

Erick menyampaikan kemenangan ini juga kian istimewa lantaran disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

“Terima kasih Bapak Presiden dan Ibu Negara yang telah datang mendukung langsung perjuangan Garuda Muda,” katanya.

Erick mengatakan bahwa misi sesungguhnya timnas U-23 ada di Qatar pada 2024. Dengan persiapan matang, kata Erick, timnas bisa menatap peluang bermain di Olimpiade. Syaratnya timnas mesti melaju hingga babak semifinal.

“Tidak ada yang tak mungkin dalam sepakbola. Memang perjuangan di Qatar tidak mudah. Namun dengan mental pemenang yang tidak mau menyerah, tradisi kemenangan ini bisa kita lanjutkan untuk menembus Olimpiade Paris 2024,” ujar Erick.

Erick menegaskan bahwa untuk mencapai target optimal di Qatar, timnas U-23 Indonesia mesti fokus. Ia pun meminta pemain tidak puas dengan sekadar lolos ke Piala Asia U-23.

“Mental pemenang ini yang mesti dipertahankan siapapun lawannya. Hari ini mungkin Turkmenistan, besok di Qatar mental yang sama mesti kita pertahankan, tak peduli lawannya Jepang atau Korea Selatan,” tegas Erick yang juga Menteri BUMN ini.