6.165 Penumpang Gagal Terbang dari Bandara Manado Imbas Erupsi Gunung Ruang

Ribuan penumpang menunda keberangkatan melalui Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado akibat dampak semburan abu vulkanik Gunung Ruang di Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Bandara Samrat tutup sejak Kamis (18/4) kemarin.

“Ada sebanyak 47 rute penerbangan yang berdampak sampai hari kedua ini,” kata GM Bandara Samrat, Maya Damayanti, dikutip dari Antara, Jumat (19/4).

Maya mengatakan, total 47 penerbangan dengan tujuan Jakarta, Surabaya, Sorong, Balikpapan, dan juga beberapa flight internasional yang ditunda penerbangannya hingga hari kedua.

“Sehingga ada sebanyak 6.165 penumpang yang harus menunda kembali keberangkatannya,” katanya.

Untuk para penumpang yang terdampak diimbau segera melakukan reschedule ataupun refund di customer services di lobi keberangkatan.

“Saya berharap penumpang untuk bersabar dalam situasi ini, karena untuk keselamatan penerbangan dan kami juga akan memberitahukan setiap ada perkembangan terbaru,” ujar Maya.

Penerbangan Lion Air

Penerbangan Lion Air termasuk yang paling banyak terdampak penutupan sementara Bandara Samrat. Berikut detail yang disampaikan Corcom Manager Lion Group Danang Mandala Prihantoro.

Berikut detailnya:

1. Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado:

· Penutupan sementara bandar udara.

· Total ada 27 penerbangan yang dibatalkan. Tujuannya meliputi kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Makassar, serta beberapa kota lainnya seperti Ambon, Gorontalo, Kao, dan Ternate.

2. Bandar Udara Sultan Babullah di Ternate, Maluku Utara:

· Ruang udara, yang merujuk pada jalur-jalur atau wilayah di atmosfer tempat pesawat terbang beroperasi, dapat dipengaruhi oleh abu vulkanik.

· Total 13 penerbangan ke berbagai tujuan termasuk Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Ambon harus dibatalkan karena kondisi ini.

Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan selama kurun waktu 24 jam terakhir sudah terjadi lima kali erupsi dengan ketinggian 1.800 meter hingga 3.000 meter dari puncak Gunung Ruang.

Erupsi eksplosif itu menimbulkan suara gemuruh, gempa, dan kilatan petir vulkanik.

Pada periode 1-17 April 2024, PVMBG mencatat jumlah kegempaan di Gunung Ruang sebanyak 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, enam kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh.

Zona aman berada pada radius enam kilometer dari pusat erupsi.

By Redaksi

Tinggalkan Balasan