Wall Street Anjlok Imbas Memanasnya Iran dan Israel

Wall Street ditutup anjlok pada perdagangan Senin (15/4). Hal itu disebabkan oleh meningkatnya ketegangan geopolitik antara Iran dan Israel.

Mengutip Reuters, Selasa (16/4) Industri Dow Jones (.DJI) turun 248,13 poin atau 0,65 persen menjadi 37.735,11, S&P 500 (.SPX) kehilangan 61,59 poin atau 1,20 persen, menjadi 5.061,82 dan Nasdaq Composite (.IXIC) kehilangan 290,07 poin atau 1,79 persen menjadi 15.885,02.

“S&P 500 turun 2,64 persen selama dua sesi terakhir, penurunan dua hari terbesar sejak awal Maret 2023. Indeks juga ditutup di bawah rata-rata pergerakan 50 hari, level dukungan teknis, untuk pertama kalinya sejak 2 November,” tulis laporan tersebut.

Meski begitu, terjadi kenaikan beberapa saham keuangan. Goldman Sachs (GS.N) naik 2,92 persen setelah laba kuartal pertama mengalahkan perkiraan Wall Street, didorong oleh pemulihan dalam penjaminan emisi, transaksi dan perdagangan obligasi yang mengangkat laba per sahamnya ke level tertinggi sejak akhir tahun 2021.

M&T Bank (MTB.N) melonjak 4.74 persen setelah memperkirakan pendapatan bunga bersih tahunan (NII) yang lebih baik dari perkiraan. Sementara pialang Charles Schwab (SCHW.N), naik 1,71 persen meskipun melaporkan penurunan laba kuartalan.

“Saham-saham tersebut adalah tiga yang berkinerja terbaik di keuangan S&P 500 (.SPSY), sektor,” ungkap laporan itu.

Sayangnya, kenaikan sejumlah saham S&P tersebut memudar karena kekhawatiran investor terhadap perang antara Israel dan Iran yang terus memanas. Imbal hasil Treasury melonjak dengan obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun mencapai level tertinggi sejak November.

Saham-saham mengalami kesulitan baru-baru ini, dengan S&P 500 mengalami penurunan selama dua minggu berturut-turut. Dengan persentase penurunan mingguan terbesar sejak Oktober pekan lalu karena investor telah memundurkan ekspektasi mengenai waktu dan ukuran penurunan suku bunga dari Federal Reserve.

“Anda melihat sedikit kenaikan pagi ini karena mungkin orang berpikir ‘OK, sahamnya dijual pada hari Jumat’ untuk mengantisipasi sesuatu yang sangat buruk terjadi di Timur Tengah,” kata Managing Partner di Kace Capital Advisors di Boca Raton, Ken Polcari.

“Semua masalah geopolitik akan menimbulkan ketegangan dan kecemasan di pasar, kesadaran bahwa suku bunga tidak akan turun dalam waktu dekat akhirnya akan menjadi kenyataan, itulah yang dikatakan pasar obligasi kepada Anda, bahwa suku bunga akan naik lebih tinggi,” tambahnya.

Israel menghadapi tekanan yang semakin besar dari sekutunya untuk menahan diri dan menghindari eskalasi konflik di Timur Tengah, ketika Israel mempertimbangkan bagaimana menanggapi serangan rudal dan drone Iran pada akhir pekan.

 

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *