KPU Mulai Rekapitulasi Suara Tingkat Nasional: Dimulai Suara dari PPLN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mulai melakukan rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional pada Rabu (28/2). Penghitungan suara yang pertama dibawa ke rapat pleno, yakni suara dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

“Sampai hari ini, dari 128 PPLN, yang sudah hadir di kantor KPU ada 36 PPLN. Dan sudah siap mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara yang akan kita mulai hari Rabu besok tanggal 28 Februari mulai jam 9 pagi,” ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asyari, dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (27/2).

“Rekapitulasi dimulai dari hasil penghitungan suara pemilu di luar negeri yang sudah selesai,” ucap Hasyim.

Hasyim mengatakan, rapat pleno terbuka ini akan dihadiri oleh para saksi dari masing-masing peserta pemilu. Mereka juga akan melihat betul perolehan suara yang dihitung di tingkat nasional.

“Juga dihadiri Bawaslu, DKPP, dan stakeholder yang berkaitan dengan kepemiluan,” pungkasnya.

Sementara, rekapitulasi suara di Indonesia sudah sampai pada tingkat kota/kabupaten di berbagai daerah. KPU di daerah akan terus melakukan penghitungan suara berjenjang sampai nantinya dibawa ke KPU RI.

KPU punya waktu maksimal sampai 20 Maret 2024 untuk menyelesaikan semua rekapitulasi baik suara di Indonesia maupun di luar negeri.

KPU lalu mengumumkan hasil rekapitulasi suara keseluruhan Pemilu 2024 pada 21-22 Maret 2024.

By Debora

Tinggalkan Balasan