JurnalKota.net – Kebakaran terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (16/9) sekitar pukul 13.00 WIB. Kebakaran tersebut membakar gunungan sampah di TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Kristiana Hariyanti, mengatakan dugaan sementara kebakaran sampah TPA Putri Cempo dipicu gas metan dan cuaca panas. Sampai saat ini api belum bisa dipadamkan.

“Kami dapat laporan TPA Putri Cempo Solo terbakar. Diduga karena suhu udara terlalu panas. Kemungkinan besar karena gas metan jadi menimbulkan percikan terus kebakar,” kata Kristiana, Sabtu (16/9).

Dia mengaku sudah meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan BPBD ke lokasi untuk memadamkan api yang membakar sampah dibantu petugas dari DLH.

“Damkar sudah, tim kami juga sudah untuk mengkondisikan. Tapi karena suhunya terlalu panas jadi harus ekstra,” kata dia.

Kristiana berharap penanganan cepat dari Damkar tidak membuat api yang membakar tumpukan sampah merembet ke mana-mana.

“Mudah-mudahan segera terkendalikan tidak meluas ke mana-mana. Yang terbakar di blok B. Lokasi PLTSa aman,” katanya.

Kepala Damkar Solo Sutarjo mengatakan, semua armada pemadam kebakaran dikerahkan ke TPA Putri Cempo. Petugas masih berusaha memadamkam api.

“Ada 15 unit mobil damkar kita kerahkan semua untuk padamkan api di TPA Putri Cempo Solo,” tandasnya. **

By BJe

Tinggalkan Balasan