Tekad Shin Tae-yong Ukir Sejarah Timnas Indonesia Menang di Markas Vietnam

Timnas Indonesia mengandaskan Vietnam 1-0 dalam laga matchday ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Kamis (21/3). Shin Tae-yong berhasrat mengukir sejarah membawa ‘Garuda’ menang di Hanoi pada Selasa (26/3).

Pertandingan matchday keempat akan digelar di My Dinh National Stadium. Transfermarkt mencatat, setidaknya ada 4 laga Vietnam vs Timnas Indonesia yang digelar di sana dan hasilnya Indonesia kalah 3 kali dan seri sekali.

Rinciannya adalah Indonesia kalah 0-2 pada 2023 (Piala AFF), seri 2-2 pada 2016 (SEA Games), Indonesia kalah 2-3 pada 2016 (uji coba), Indonesia kalah 0-1 pada 1993 (Kualifikasi Piala Dunia).

Sementara berdasarkan situs statistik The Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation (RSSSF), Timnas Indonesia pernah mencatatkan satu kemenangan di My Dinh pada Piala Tiger 2004. Kala itu, gol dari Mauli Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma mempermalukan Vietnam.

Kini, Shin Tae-yong berusaha mencatatkan sejarah baru lagi. Setelah membawa Timnas Indonesia senior mengalahkan Vietnam di Qatar dan GBK, ia bertekad membawa pasukannya mengukir sejarah dengan berjaya di Hanoi.

“Timnas Indonesia memang tak pernah menang di Hanoi [dalam waktu lama]. Kalau begitu sekarang, saya akan membuktikan bahwa kita akan menang di Hanoi,” tegasnya dalam konferensi pers pascalaga.

Adapun dalam laga di GBK ini, Timnas Indonesia mencetak gol di menit 52. Pratama Arhan melepas lemparan ke dalam dari jarak jauh, bola coba disapu bek Vietnam, tetapi tidak sempurna, bola liar di depan gawang ditendang masuk oleh Egy Maulana Vikri.

Ini adalah kemenangan perdana ‘Tim Garuda’ di Kualifikasi Piala Dunia kali ini. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia berada di peringkat 2 klasemen dengan 4 poin. Sementara, Vietnam menempati urutan 3 dengan 3 poin.

Adapun di laga lain, Irak memastikan diri kokoh di puncak klasemen dengan 9 poin usai menumbangkan Filipina 1-0 di Basra. Alhasil, Filipina pun menjadi juru kunci dengan 1 poin.

Setelah partai ini, Timnas Indonesia akan gantian melawat ke markas Vietnam pada Selasa (26/3) mendatang. Jika mampu kembali mengamankan poin penuh, Indonesia berpeluang besar melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

By Redaksi

Tinggalkan Balasan