JurnalKota, Tanjung Karang – PLN UIP3B Sumatera melalui program Employee Volunteer Program PLN Peduli lakukan pembersihan dan konservasi sungai dan pantai di beberapa daerah pada 9-10 Juni 2023. Sebanyak 340 relawan PLN bersama komunitas-komunitas peduli lingkungan, mahasiswa, pelajar, pemerintah daerah, serta masyarakat berkolaborasi membersihkan lingkungan sekitaran sungai dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Tahun 2023.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PLN ini dilakukan di tiga lokasi yaitu Sungai Sail, Pekanbaru; Pantai Pasir Jambak, Padang; dan Pantai Sebalang, Lampung sebagai bentuk komitmen PLN terhadap kepedulian lingkungan, khususnya pengendalian konservasi sungai dan pantai.

Kegiatan pembersihan dan konservasi Sungai Sail di Tanjung Rhu, Limapuluh, Pekanbaru juga dilengkapi dengan pembersihan lingkungan sekitar sungai, penanaman pohon produktif di pinggir sungai, serta pembersihan pinggir sungai, dimana para relawan berkolaborasi dengan pemerintah setempat, Basarnas Pekanbaru, Bank Sampah Pandau Jaya, dan Komunitas Peduli Sungai Pondok Belantara.

Sementara itu, relawan PLN di Pasir Jambak, Pasir Nan Tigo, Koto Tangah, Padang juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat yang diwakili oleh Sekretaris Lurah serta TNI dan Polisi. Dimana pada kegiatan ini para relawan berhasil mengumpulkan sampah seberat 1 ton.

General Manager PLN UIP3B Sumatera, Daniel Eliawardhana, menyatakan selain bertujuan untuk penyaluran program TJSL, pegawai PLN juga terjun menjadi relawan membantu masyarakat. Program yang dilakukan secara serentak ini juga melibatkan relawan di PLN UPT Padang dan PLN UPT Tanjung Karang.

“Harapannya, melalui kontribusi langsung pegawai PLN di Pekanbaru, Padang, dan Lampung, dapat memberikan dampak yang lebih dan menjadi momentum yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat. Jika pantai dan sungai kita bersih maka kita juga yang merasakan manfaatnya,” ungkap Daniel.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Tanjung Rhu, Rusli, juga memberikan apresiasi atas program TJSL PLN Peduli di daerahnya. Ia menyatakan, masyarakat perlu diingatkan secara berkala bahwa sampah dapat memberikan efek yang buruk untuk lingkungan, khususnya Sungai Sail yang berada dekat dengan permukiman masyarakat.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN karena sudah peduli dengan daerah kami. Adanya pembersihan ini semoga dapat mengurangi sampah di lingkungan kami dan mengurangi banjir pasang sungai,” tuturnya.

Di lain tempat, Sekretaris Lurah Pasie Nan Tigo, Indah, juga menyambut baik dan mengapresiasi aksi pembersihan Pasir Jambak yang dilakukan oleh relawan PLN. Menurutnya dibutuhkan komitmen bersama untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan salah satunya dengan pembuangan sampah pada tempatnya. (red)

By BJe

Tinggalkan Balasan